Senin, 21 November 2022

JURNAL PERKULIAHAN 3 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

 INPUT OUTPUT DAN DIGITAL STORAGE


APA ITU INPUT? 

Input adalah data dan instruksi apapun yang dimasukkan ke dalam memori sebuah komputer, Biasanya metode input digunakan pada teknologi seperti keyboard, pointing device, touch screens, pen input, motion input, voice input, video input, scanners dan reading device.

Perangkat Input

1. Keyboard

Gambar 1 Keyboard



Keyboard adalah perangkat input yang berisi kunci pengguna menekan untuk memasukkan data dan instruksi kedalam sebuah komputer atau perangkat seluler.

Sebagian besar keyboard komputer desktop memiliki beberapa komponen seperti :

  • Typing area
  • Function keys
  • Toggle key
  • Navigation keys
  • Keyboard shortcut keys
  • Media control buttons
  • Internet control buttons

    Selain sebagai alat untuk menginputkan data, keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus. Umumnya port keyboard pada komputer ada 2 macam diantaranya PS2 dan USB akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireles atau tanpa menggunakan kabel.


2. Pointing Devices

Pointing device adalah peranti masukan yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data spasial (kontinu dan multidimensi) ke dalam suatu komputer. Pointing device yang paling umum sejauh ini adalah mouse, tetapi sudah lebih banyak perangkat telah dikembangkan.

- Mouse

Gambar 2 Mouse dengan Kabel


Mouse adalah salah satu pointing device yang cocok di bawah telapak tangan pengguna yang dapat digunakan dengan nyaman.

- Touchpad

Gambar 3 Touchpad

Touchpad merupakan perangkat yang digunakan sebagai pengganti mouse. Touchpad berfungsi sebagai alat navigasi yang memudahkan kita untuk menggerakkan kursor pada laptop. Kekurangan touchpad jika touchpad rusak maka akan membuat aktivitas pada laptop akan menjadi terganggu, sehingga lebih disarankan menggunakan mouse, namu semua tergantung kebutuhan masing-masing.

- Trackball

Gambar 4 Trackball Mouse

Trackball adalah pointing device yang berupa bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada mouse modern.

- TouchScreen

Touch screen atau dikenal dengan layar sentuh merupakan inovasi terbaru di dalam perangkat input komputer dimana di dalamnya akan mengandalkan sensor sentuhan baik sentuhan jari maupun pen.

3. Pen Input

Pen input atau light pen adalah alat yang biasa digunakan untuk menggambar teknis atau grafis di dalam komputer. 

Gambar 5 Pen input

4. Motion, Voice, and Video Input 

Dengan motion input, terkadang disebut dengan pendeteksian gestur, user dapat memandu elemen di layar menggunakan gerakan udara.

Input suara yang masuk adalah proses masuk masukan dengan berbicara ke sebuah mikrofon. Mikrofon menggunakan pengenalan suara, yang disebut dengan deteksi pengucapan yang adalah komputer atau ponsel yang berkemampuan perangkat dari membedakan yang diucapkan dengan kata-kata.

Input audio adalah proses memasukkan suara apapun ke dalam komputer seperti speech, musik dan efek suara. Aplikasi perangkat lunak mengizinkan user untuk melakukan rekaman, meremix atau mengedit suara atau musik yang digunakan.

Video input adalah proses menangkap gambar dengan gerakan penuh dan menyimpannya kedalam sebuah komputer atau ponsel di media penyimpanan.

5. Scanner

Gambar 6 Scanner

Scanner adalah perangkat input penginderaan cahaya yang membaca teks cetak dan grafis dan kemudian menerjemahkan hasilnya ke dalam bentuk komputer yang dapat memproses.


APA ITU OUTPUT?

Output adalah data yang telah diproses ke dalam bentuk yang berguna.

1. Displays

Gambar 7 Display


Sebuah display memvisualisasikan teks, grafis dan informasi video.

Seperti contoh sebuah monitor yang adalah sebuah tampilan yang dikemas menjadi perangkat periferal terpisah. Seperti contoh LCD monitor.

Sebuah kualitas dari displays dapat dilihat dari beberapa variabel seperti Resolusi, waktu respon, kecerahan atau brightness, dot pitch, contrast ratio. 

Monitor zaman sekarang menggunakan sinyal digital untuk memproduksi sebuah gambar. Untuk menampilkan kualitas gambar yang terbaik, monitor harus terpasang Port DVI, HDMI port dan DisplayPort.

Resolusi mempengaruhi ketajaman gambar. Semakin besar resolusinya, maka akan semakin bagus gambarnya. Ukuran monitor pun berbeda seperti televisi yang memiliki bermacam ukuran. Perangkat satu ini merupakan ragam soft copy device dengan bentuk flat (layar datar), layar cembung.

Terdapat berbagai jenis monitor, yaitu monitor LCD, tabung sinar kathoda, monitor plasma, dan monitor OLED.

2. Printer

Gambar 8 Printer

Perangkat keras printer berfungsi untuk mencetak data dari komputer, baik berupa teks maupun gambar/foto. Cetakan dari printer berbentuk hardcopy yang dicetak di atas kertas. Alat utama untuk menghasilkan cetakan adalah tinta dan tinta bubuk. 

Mesin printer sekarang mempunyai banyak jenis dan dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih. Satu peranti tidah hanya satu fungsi, tetapi beberapa fungsi, seperti scan, print, photocopy.

3. Plotter

Gambar 9 Plotter

Plotter merupakan printer grafis yang mampu menggambar grafis berdasar data yang dimasukkan. Plotter mampu mencetak gambar dengan menyesuaikan ukuran blueprint arsitektur dan engineering.

Alat ini dibagi menjadi 3, plotter gerber Infinit, mechano dan final. Selain ketiga macam plotter tersebut masih ada jenis plotter lainnya, seperti plotter pena, elektrostasis, thermal, pemotong dan format lebar.

4. Speaker

Gambar 10 Speaker


Speaker adalah perangkat keras yang dapat menghasilkan data berupa audio/suara. Peranti ini bisa juga disebut dengan pengeras suara, karena mampu mengeluarkan volume suara yang menggelegar.

Speaker cocok digunakan ketika ada acara besar atau ingin menikmati musik kencang agar gelombang suara mencapai ke telinga pendengar, walaupun dengan jarak beberapa meter dari sumber suara.

Speaker ukurannya ada yang besar dan kecil. Kini, model dan teknologinya makin canggih, salah satunya terdapat fitur bluetooth, sehingga tak perlu kabel sebagai penghubung.

5. Headphone / Earphone

Gambar 11 Headphone 


Earphone atau headphone berfungsi sebagai alat untuk mendengarkan data berupa audio tanpa bantuan speaker. Perangkat ini dapat dipasang pada telinga pengguna sehingga hanya pengguna yang mendengar suara yang muncul dari komputer. Selain itu, peranti ini juga dapat dipakai untuk berbicara karena ada perangkat komunikasinya.

6. Proyektor

Gambar 12 Proyektor

Perangkat keras ini merupakan sejenis alat optik, berfungsi menampilkan gambar di layar proyeksi atau benda lain yang dapat menerima pantulan cahaya. Ada berbagai jenis proyektor, yaitu proyektor LCD, proyektor film, slide, overhead, dan proyektor proyeksi.

Perangkat output satu ini mengintegrasikan sistem optik, sumber cahaya, dan display, lalu memproyeksikan video atau gambar ke layar atau dinding


DIGITAL STORAGE

Digital storage adalah bahan fisik tempat komputer menyimpan data, program, dan aplikasi. Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang mencatat dan mengambil item dari dan ke media penyimpanan. Banyak sekali jenis penyimpanan yang sekarang banyak digunakan, 

Di dalam ruang penyimpanan terdapat dua instruksi yaitu membaca dan menulis atau read/write. Membaca adalah proses pengiriman barang dari medium penyimapana ke memori, sedangkan menulis adalah proses pengiriman data dari memori ke media penyimpanan.

Gambar 13 Digital Storage



Peran media penyimpanan pada perangkat komputer sangat penting, karena media penyimpanan yang mengatur mengenai berjalannya sebuah proses dan menyimpan data dengan aman. Media penyimpanan komputer komputer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu media penyimpanan magnetik, media penyimpan optikal, dan media penyimpanan awan (cloud storage)

1. Magnetic Disk (Penyimpanan Magnetik)

Gambar 14 Magnetic disk


Penyimpanan Magnetik (Magnetic disk) Merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekunder yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern. Magnetic disk memiliki beberapa macam media, di antaranya :
  • Floppy disk (Disket)
Gambar 15 Floppy Disk 


Disket merupakan salah satu perangkat komputer yang juga dinamakan sebagai floppy disk. Pengertian disket secara dasar adalah sebuah cakram dengan komponen magnetik yang berkapasitas kecil. Kapasitas penyimpanan  pada disket hanya mencapai 1.44 MB. Disket memiliki berbagai macam warna. DIsket memiliki sifat removable yang artinya sebuah media penyimpanan yang mudah untuk dilepas atau dipasang kembali.

  • Hard Disk
Gambar 16 Hard Disk


Hard Disk (HDD) berisispiringan bundar yang menggunakan partikel magnetik untuk menyimpan data, instruksi dan informasi. Hard Disk adalah jenis disk yang bersifat tetap, tidak perlu dilepas pasang sebagaimana disket floppy.Umumnya terbuat dari bahan logam padu yang berbentuk piringan atau plat. Sebuah hard disk biasanya terdiri dari lebih satu piringan atau lempengan yang dilapisi dengan oksida besi. 

  • Flash Disk
Gambar 17 Flash Disk 


Flash Disk adalah peranti penyimpanan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 50 x 15 x 6 mm. 

  • Memory Card
Gambar 18

Jenis media penyimpanan satu ini dapat kita pakai pada perangkat komputer ataupun peralatan elektronik seperti handphone, laptop, kamera digital, speaker, ipod dan sebagainya.

2. Optical Disk (Penyimpanan Optikal)

    Penyimpanan optical adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah. 

  • CD (Compact Disk)
CD (compact disk) atau laser optica disk merupakan jenis optik yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan ditangani melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses piringan optis jauh lebih tinggi daripada disket.

  • CD-ROM
CD ROM (compact disk read-only memory) adalah sebuah perangkat keras pada komputer yang berbentuk balok yang berfungsi untuk membaca data dari CD. CD ROM jiga berarti bahwa CD-ROM drive yang mana hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara garis besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI.

  • CD-WORM
CD-WORM kepanjangan dari Write once read many dapat ditulis melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bisa dilakukan sekali. Sesudah perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu dan lain lain yang dimaksudkan sebagai cadangan.

  • CD-RW
CD-RW (compact disk rewriteable) menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer lalu direkam discs. CR-RW dapat dihapus dan tercatat sekitar 1000 kali. CD-RW dapat digunakan dalam mebuat CD audio dan diputar pada semua player untuk data discs yang berfungsi untuk mencadangkan dan mentransfer data.

  • DVD
DVD (Digital Video Disc) adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Saat ini, DVD banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s

3. Cloud Storage
Gambar 19 Cloud Storage


    Cloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud storage adalah terobosan baru dalam dunia storage atau penyimpanan data yang menonjolkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media simpan offline seperti hardisk dan flashdisk. Jadi, data yang disimpan ke dalam cloud storage akan disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut hosting.
  • Kelebihan

  1. Menghemat biaya dan ruang infratructure pembelian sumber daya komputer
  2. Bisa mengakses file dimana saja dan kapan saja
  3. Bisa menghemat waktu pada perusahaan sehingga bisa langsung fokus pada perkembangan infrastructure
  4. Dapat dengan mudah di monitoring dari satu server
  5. Operasional dan manajemen lebih mudah dan sederhana
  6. Menghemat biaya operasional pada sistem informasi yang dibangun
  7. Kolaborasi yang terpercaya
  • Kekurangan
  1. Komputer akan menjadi lemot atau lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali bila internet putus
  2. Komputer akan menjadi lambat kinerjanya jika koneksi internet kita juga lambat
  3. Komputer akan menjadi sangat lambat karena diakses oleh banyak pengguna sehingga server akan menerima banyak sekali permintaan
  4. Jika tidak mempunyai backup yang handal maka hal terburuk ini akan timbul karena semua data berada di satu server pada cloud computing.
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JURNAL PERKULIAHAN PERTEMUAN 10 & 11 - JARINGAN KOMPUTER

      NAMA : Fadhil Abdul Fattah       NPM    : 2215061019      Kelas    : PSTI C          JURNAL PERKULIAHAN PERTEMUAN 10 & 11 1.      ...